Manajemen Karakter Peserta Didik Pesantren di Era Pandemi (Studi Kasus Smp Pesantren Modern Terpadu Prof. Dr. Hamka II Padang)

Authors

  • Wahyu Fitrina Defi STAIN MANDAILING NATAL, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i2.15

Keywords:

manajemen, karakter, pesantren, virtual

Abstract

Karakter merupakan poin terpenting yang harus dicapai dalam proses pembelajaran dan ini sesuai dengan kurikulum yang diusung di era kini. Proses pembelajaran yang berlangsung biasanya, face to face pada lembaga pesantren yang notabene kehidupannya dikontrol selama dua puluh empat jam kini mulai berubah di era pandemi ini. Virtual learning process  membuat semua aspek yang terkait untuk terbiasa secara online pada setiap kegiatan belajar mengajar di pesantren. Walaupun proses pembelajaran yang berlangsung secara virtual namun kontrol terhadap perilaku peserta didik sebagai bagian dari karakter tetap diupayakan agar sama porsinya dengan proses pembelajaran secara langsung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data dianalisis melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, presentasi data, dan penarikan kesimpulan. Informan penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas, wali kelas, guru pesantren, dan kepala pesantren. Adapun temuan penelitian terkait manajemen karakter peserta didik di SMP Pesantren Modern Terpadu Prof. Dr. Hamka II Padang adalah: 1) Perencanaan karakter, 2) Pelaksanaan karakter, 3) Pengorganisasian  karakter, 4) Pengevaluasian  karakter dengan berbasis virtual via whatsapp, video pembelajaran, dan google classroom. Selain itu pembentukan tim dalam kontrol karakter di pesantren ini diperlukan dan dengan istilah “Hamka Peduli”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azzahra, Nadia Fairuza. Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid 19; Center for Indonesian Policy Studies. Ringkasan Kebijakan Nomor 2. Mei 2020: 1-9

Berkowitz and Bear. What Works in Character Education: A Research Driven Guide for Educators. Washington DC : University of Missouri St. Louis. 2005.

Hasan. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Litbang Puskur. 2010

Mulyasa. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara. 2011.

Sukarna. Dasar-dasar Manajemen. Bandung: Mandar Maju. 2011

Published

2020-08-10

How to Cite

Defi, W. F. (2020). Manajemen Karakter Peserta Didik Pesantren di Era Pandemi (Studi Kasus Smp Pesantren Modern Terpadu Prof. Dr. Hamka II Padang). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(2), 146-151. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i2.15

STATS

Abstract viewed = 843 times

Copyright and License

Copyright (c) 2020 Wahyu Fitrina Defi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.