Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo

Authors

  • Nur Rahmi Sonia Sonia IAIN Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.18

Abstract

Penelitian ini mendiskripsikan implementasi sistem informasi manajemen pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 2 Ponorogo. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan lembaga madrasah/ sekolah, dimana sekolah menghendaki pegelolaan kegiatan akademik yang terkomputerisasi sebagai kontribusi dalam meningkatkan kualitas pelayanan madrasah/ sekolah serta dalam rangka mempermudah dan memperlancar proses belajar mengajar sekolah dan pelayanan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi sistem informasi manajemen pendidikan di MAN 2 Ponorogo dalam bentuk pemanfaatan sistem aplikasi yang terdiri dari pelayanan tenaga pendidik dan kependidikan dengan memberdayakan aplikasi SIMPATIKA (Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementrian Agama), aplikasi pembelajaran e-learning, aplikasi BNI eduPATROL, aplikasi fingerprint baik guru maupun siswa dan aplikasi berbasi web dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Ada beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi SIMDIK di MAN 2 Ponorogo adalah tersedianya fasilitas sistem informasi dan adanya kendala dalam sumber daya manusia maupun kesalahan teknis serta kendala siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan aplikasi tersebut.

Kata Kunci : Sistem Informasi Manajemen, Mutu Pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ety Rochaety, Pontjorini Rahayuningsih, Prima Gusti Yanti. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2006.

Ghulan Asrofi Buntoro, Dwiyono Ariyadi, dan Indah Puji Astuti. Jurnal UGM. Pemanfaatan E-Learning Quipper School oleh Guru dan Siswa untuk Optimalisasi Pembelajaran di MAN 1 Ponorogo, Volume 3, Nomor 2. Maret, 2018.

Handoko, T. Hani. Manajemen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta. 1999.

Ibnu, Syamsi. Pengambilan Keputusan dan Sistem Informasi. Jakarta, Bumi Aksara. 1995.

Machali, Imam and Ara Hidayat. The Handbook of Efucation Management. Jakarta :Prenamedia Grup. 2018.

Martha Praoga, I Kadek. Jurnal Media Manajemen Pendidikan, SIMDIK dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tingkat SMP sesuai zonasi. Volume 3 , Nomor 2. Februari, 2020.

Moekijat. Pengantar Sistem Informasi Manajemen. Bandung, Mandar Maju. 2015.

Oteng, Sutrisno. Administrasi Pendidikan Bandung: Angkasa. 1985.

Prasojo, Lantip Diat. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. 2013.

Sallis, Edward. Total Quality Manajemen. Yogyakarta: IRCisoD. 2006.

Siagian, Sondang. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Manajemen Pendidikan, Bandung, Alfabeta, 2009.

Yakub, Vico Hisbanarto. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2014.

Published

2020-06-11

How to Cite

Sonia, N. R. S. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 94-104. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.18