Konsep Nilai-Nilai Karakter Islami Sebagai Pembentuk Peradaban Manusia

Authors

  • Iwan Hermawan Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i2.24

Keywords:

Concept of Character Values, Islamic Character, Human Civilization, Konsep Nilai-nilai Karakter, Karakter Islami, Peradaban Manusia

Abstract

Abstract

Character education is not a process of memorizing exam questions, and answering techniques. Character education requires habituation, because characters are not formed instantly, but must be trained seriously and proportionally. Al-Qur'an as a source of ethics and morals certainly has its own views related to character education. The concept of Islamic character values is the basic concept of Islam, namely religion that leads humans to become civilized or morality (ihsan), and it is stated directly by the Messenger of Allah, that he was sent to perfect morality. To be a human being who has a moral mercy must start from the learning process (iqra). From the results of learning that humans can trust (iman) because their knowledge is not because they go along (taqlid), because proof of faith is spoken orally, believed in the heart, practiced through the actions of the limbs. Furthermore, the implementation of faith is Taqwa which means fear of God based on consciousness by doing all His commands and avoiding all His prohibitions and fear of falling into sinful acts. Therefore the ultimate goal of Islamic character values is taqwa in the form of moral mercy.

Keywords: Concept of Character Values, Islamic Character, Human Civilization

Abstrak

Pendidikan karakter bukanlah sebuah proses menghafal materi soal ujian, dan teknik-teknik menjawabnya. Pendidikan karakter memerlukan pembiasaan, karena karakter tidak terbentuk secara instan, tapi harus dilatih secara serius dan proporsional. Al-Qur’an sebagai sumber etika dan moral tentu memiliki pandangan tersendiri terkait dengan pendidikan karakter. Konsep nilai-nilai karakter islami adalah konsep dasar dari agama islam itu sendiri yaitu agama yang menuntun manusia menjadi beradab atau berakhlak karimah (ihsan), dan itu dinyatakan langsung oleh rasulullah saw, bahwa beliau diutus untuk menyempurnakan akhlak. Untuk menjadi manusia yang berakhlak karimah harus yang dimulai dari proses belajar (iqra). Dari hasil belajar itulah manusia dapat mempercayai (beriman) karena ilmunya bukan karena ikut-ikutan (taqlid), karena bukti iman adalah diucapkan dengan lisan, diyakini dalam hati, diamalkan lewat perbuatan anggota badan. Selanjutnya implementasi iman itu adalah Taqwa yang berarti takut kepada Allah berdasarkan kesadaran dengan mengerjakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya serta takut terjerumus dalam perbuatan dosa. Oleh karenanya tujuan akhir dari nilai-nilai karakter islami adalah taqwa yang berupa akhlak karimah.

Kata Kunci: Konsep Nilai-nilai Karakter, Karakter Islami, Peradaban Manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Artikel Pendidikan. “18 Nilai Dalam Pendidikan Karakter Bangsa.” Rumah Inspirasi, 2011. http://rumahinspirasi.com/18-nilai-dalam-pendidikan-karakter-bangsa/.

Bertens, Kees. Etika. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka, 2000.

Fajarini, Ulfah. “Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter.” Sosio Didaktika: Social Science Education Journal 1, no. 2 (2014). https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225.

Hasanah, Aan. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Insan Komunika, 2013.

Hermawan, Iwan. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed Method). Kuningan, Jawa Barat: Hidayatul Quran, 2019. https://books.google.co.id/books?id=Vja4DwAAQBAJ.

Ikhwan, Ikhwan. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Keislaman 2, no. 1 (2019): 1–26. https://doi.org/10.36671/mumtaz.v2i1.17.

Indrawan, Irjus. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam.” Al-Afkar?: Jurnal Keislaman & Peradaban 2, no. 1 (2016). https://doi.org/10.28944/afkar.v2i1.90.

Musrifah, Musrifah. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam.” Edukasia Islamika, 2016, 119–33. http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/edukasiaislamika/article/view/772.

Priyatna, Muhammad. “Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal.” Edukasi Islami 05, no. 1 (2016): 1311–36. https://doi.org/10.30868/ei.v5i10.6.

Putra, Ghazali Bagus Ani. “Membangun Peradaban Bangsa Dengan Pendidikan Berkarakter Moral.” Departemen Psikologi Kepribadian & Sosial. Accessed April 6, 2020. https://pks.psikologi.unair.ac.id/membangun-peradaban-bangsa-dengan-pendidikan-berkarakter-moral/.

Sudjatnika, Tenny. “Nilai-Nilai Karakter Yang Membangun Peradaban Manusia.” Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam 14, no. 1 (2017): 127–40. https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v14i1.1796.

Susanti, Sri. “Membangun Peradaban Bangsa Dengan Pendidikan Karakter.” Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 2016. https://doi.org/10.24269/ijpi.v1i2.173.

Yuliharti. “Pembentukan Karakter Islami Dalam Hadis Dan Implikasinya Pada Jalur Pendidikan Non Formal.” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 4, no. 2 (2019): 216. https://doi.org/10.24014/potensia.v4i2.5918.

Published

2020-07-24

How to Cite

Hermawan, I. . (2020). Konsep Nilai-Nilai Karakter Islami Sebagai Pembentuk Peradaban Manusia. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(2), 200-220. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i2.24