Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Pendidikan Karakter di MI Ma’arif Singosaren Jenangan Ponorogo

Authors

  • Muhammad Shulthon Rachmandhani IAIN Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.5

Keywords:

Peran Kepala Sekolah 2) Implementasi Pendidikan Karakter

Abstract

Artikel ini ingin menganalisis tentang peran kepala sekolah dalam implementasi pendidikan karakter di MI Ma’arif Singosaren Jenangan Ponorogo, dimana  MI Ma’arif Singosaren Jenangan Ponorogo merupakan satu-satunya MI yang terletak di lingkungan Singosaren. Madrasah ini didirikan karena semakin tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya Pendidikan Agama Islam.

Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dalam pengambilan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, dan penyajian kesimpulan

Hasil penelitiannya ialah 1) peran kepala sekolah sebagai administrator adalah menentukan kurikulum yang diterapkan di MI Ma’arif Singosaren Jenangan Ponorogo. Kepala sekolah juga berupaya untuk terlibat dalam pengelolaan sarana prasarana di sekolah, yang mendukung dalam penerapan pendidikan karakter di MI Ma’arif Singosaren Jenangan Ponorogo. 2) peran kepala sekolah sebagai leader dengan mengadakan rapat melalui rapat. Kepala sekolah juga berusaha untuk meningkatkan kemauan siswa-siswi dalam menerapkan pendidikan karakter di sekolah, dengan mengingatkan kepada siswa-siswi akan pentingnya sikap saling menghormati kepada orang tua dan guru, serta saling berkasih sayang kepada sesama teman

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-01-06

How to Cite

Muhammad Shulthon Rachmandhani. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Pendidikan Karakter di MI Ma’arif Singosaren Jenangan Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 41-50. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.5