Penguatan Pendidikan Karakter untuk Membangun Peradaban Bangsa

Authors

  • Zazak Soraya IAIN Ponorogo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.10

Abstract

Berbagai masalah pendidikan di Indonesia seperti budaya mencontek, tawuran antar kelompok, bullying, pergaulan bebas, pornografi, narkoba,dan sebagainya saat ini menjadi pertanda bahwa negara ini benar- benar sedang mengalami pengeroposan sendi-sendi kebangsaan. Krisis pendidikan karakter ini perlu menjadi perhatian penting bagi seluruh masyarakat. Sejatinya, sumber daya manusia merupakan faktor terbesar dalam kemajuan bangsa. Maka, sebuah bangsa bisa hancur jika generasi penerusnya kehilangan karakter. Oleh karena itu, proses pendidikan idealnya tidak hanya menitikberatkan pada aspek kognitif saja, namun juga diperlukan keseimbangan pada ranah aspek afektif dan psikomotorik. Dengan demikian, penguatan pendidikan karakter bukan sebuah keniscayaan untuk dikembangkan pada lembaga pendidikan sebagai salah satu upaya untuk menanggulangi dekadensi moral serta meneguhkan kembali jati diri bangsa.Berbagai masalah pendidikan di Indonesia seperti budaya mencontek, tawuran antar kelompok, bullying, pergaulan bebas, pornografi, narkoba,dan sebagainya saat ini menjadi pertanda bahwa negara ini benar- benar sedang mengalami pengeroposan sendi-sendi kebangsaan. Krisis pendidikan karakter ini perlu menjadi perhatian penting bagi seluruh masyarakat. Sejatinya, sumber daya manusia merupakan faktor terbesar dalam kemajuan bangsa. Maka, sebuah bangsa bisa hancur jika generasi penerusnya kehilangan karakter. Oleh karena itu, proses pendidikan idealnya tidak hanya menitikberatkan pada aspek kognitif saja, namun juga diperlukan keseimbangan pada ranah aspek afektif dan psikomotorik. Dengan demikian, penguatan pendidikan karakter bukan sebuah keniscayaan untuk dikembangkan pada lembaga pendidikan sebagai salah satu upaya untuk menanggulangi dekadensi moral serta meneguhkan kembali jati diri bangsa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, Doni Koesoema, Pendidikan Karakter : Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta : Grasindo, 2010.

Ahmadi, Rulam, Pengantar Pendidikan; Asas Pendidikan dan Filsafat, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2015.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat, Jakarta : PT Gramedia, 2008.

Fitri, Agus Zaenul, Reinventing Human Character: Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.

J.R., Sutarjo Adisusilo, Pembelajaran Nilai – Nilai Karakter: Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2017.

Khan, D. Yahya, Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri, Yogyakarta : Pelangi Publishing, 2010.

Marzuki, Pendidikan Karakter Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Maksudin, Pendidikan Karakter Non – Dikotomik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Pidarta, Made, Landasan Kependidikan; Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Soekarno, Di Bawah Bendera Revolusi, Jakarta: Media Pressindo, 1959.

Suparno, Paul, Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Kanisius, 2015.

Zuchdi, Humanisasi Pendidikan: Menemukan Kembali yang Manusiawi, Jakarta, Bumi Aksara, 2008.

Published

2020-06-11

How to Cite

Soraya, Z. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter untuk Membangun Peradaban Bangsa. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 74-81. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.10

STATS

Abstract viewed = 3678 times

Copyright

Copyright (c) 2020 Southeast Asian Journal of Islamic Education Management

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.