Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Akidah Akhlak di MI Muhammadiyah Kartasura
DOI:
https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i2.59Keywords:
Keywords: Management, principals, professionalism, teachers of akidah akhlak.Abstract
Abstract
This research was conducted to determine the principal's management in improving the professionalism of the akidah akhlak teachers at MI Muhammadiyah Kartasura and the inhibiting and supporting factors. This research approach uses a qualitative descriptive. The results of the study can be described as follows: 1. A teacher in order to increase his professionalism in carrying out his duties as a teacher, he must understand, master, and be skilled in using new learning resources. The role or efforts taken by the school principal in improving the professional competence of akidah akhlak teachers include the role of educator, manager, administrator, supervisor, and motivator. 2. The results of the inhibiting and supporting factors are: The inhibiting factor is the infrastructure and students while the supporting factor is the teachers who have a good educational background and there is good cooperation between teachers and fellow teachers, and teachers and principals.
Keywords: Management, principals, professionalism
Downloads
References
A.M, Sardiman. 2005. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pres
Abdul, Majid. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya
Achmad, Sanusi, 2009. Kepimpinan Sekarang Dan Masa Depan Dalam Membentuk Budaya Organsiasi Yang Efektif. Bandung. Prospect
Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. 2005. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara
Anwar, Rosihon. 2010. Akhlak Tasawuf. Bandung: CV. Pustaka Setia
Arifin, H.M. 1998. Kelembagaan Agama Islam dan UT. Jakarta
Asti, Aslini Midar. 2017.“Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Dan Kualitas Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 11 Kota Bengkulu”. Tesis IAIN Bengkulu.
BA, Saebani, A Hamid. 2010. Ilmu Akhlak. Bandung: Pustaka Setia
Baharudin, & Esa Nur Wahyuni. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.
Benge, Eugene J., 1994, Pokok-pokok Manajemen Modern, Terj. Rochmulyati Hamzah, Jakarta: Pustaka Benama Pressindo.
Carter, 1989. Pengantar Kepemimpinan pendidikan, Surabaya : Usaha Nasional
Cece Wijaya dan Tabrani Rusyan, 2000. Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses BelajarMengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya
Danim, Sudarwan, 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia
Em Zul, Fajri dan Ratu Aprilia Senja, 2008. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Semarang: Difa Publisher.
Hadari, Nawawi. 1998. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta:Gadjah Mada University Press.
Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : Bumi Aksara.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.
Hidayat, Junaidi. 2009. Ayo Memahami Akidah dan Akhlak 2 untuk MTs/SMP Islam Kelas VIII. Jakarta : Erlangga
Ishaq, Isjoni. 2008. Guru Sebagai Motivator Perubahan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Koontz, Harold Cyril O’Donnel, 1980, Management, Edition VII, Tokyo: Mc Graw-Hill Kogakusha, Ltd
Kunandar, 2008. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Lubis, Suwardi, 1987. Metodologi Penelitian Sosial, Medan: USU PRESS.
Makmum, Abin Syamsuddin. 2005, Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: Remadja Rosdakarya
Manulang, M., 2002, Dasar-Dasar Manajemen, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Miles, Matthew B, and Huberman, A.Michael. 1992. Analisis data Kualitatif. Penerjemah: Rohidi. Jakarta; Universitas Indonesia.
Muchtar, Heri Jauhari, 2008. Fiqih Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mudlofir.A, 2012. Pendidik Profesional: Konsep, Strategi dan Aplikasinya Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia, Jakarta: Rajawali Press
Muhaimin, 2004. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
_________. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : Rosda Karya.
_________. 2009. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Rosda Karya.
Natawidjaja, Rochman. 2002. Bimbingan Pendidikan dalam Sekolah Pembangunan. Semarang: IKIP Semarang
Nawawi, Hadari, 1999. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan. Jakarta: CV. Haji Masagung
Nuraidah, 2013. Kompetensi Profesional Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sei Agul Medan, Tesis IAIN Sumatera Utara Medan
Nur Mufidah, Luk Luk, 2008. Supervisi Pendidikan. Jember: Center for Society Studies
Nurhadi, Syafruddin. 2002. Guru Dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat press
Nurichsan, 2016. “Peranan Kompetensi Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Pada Madrasah Tsanawiyah Makkaraeng Di Kabupaten Maros”. Tesis Program Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Purwanto, Ngalim. 2006. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Prof. Pupuh Fathurrohman, M. Sobry Sutikno, M.Pd. 2007, Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.
Rosyid, Moh. 2007. Guru, Kudus: STAIN Kudus Press
Sagala, Syaiful, 2000. Administrasi Pendidkan Kontemporer, Bandung: CV. Al Fabeta
Satori, Djam’an dan Komariah, Aan, 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, Cet. I,
Soekidjo, Notoatmodjo, 1998. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta
Siagian, S.P. 1992. Organisasi Kepemimpinan & Perilaku Administrasi. Jakarta: Rineka Cipta.
__________. 1980. Filsafat Administrasi, Jakarta: Mas Agung.
Silalahi, Ulbert. 1996. Pemahaman Praktis Asas-asas Manajemen, Bandung : Madar Maju.
Siregar, Evelin dan Hartini Nara. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Subardi, Agus, 1997, Pengantar Manajemen, Yogyakarta: UUP AMP YPKN.
Sudrajat, Hari, 2004. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Bandung: Cipta CekasGrafika
Sugiyono, 2005. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta
________,2008. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta : Bandung.
________,2009. Metode Penelitian Administrasi Dilangkapi dengan Metode R&D. Cet. XVII; Bandung: Alfabeta,
Sulistyorini, 2009. Manajemen Pendidikan Islam, Yogyakarta: Teras
Surakhmad, Winarno. 1998. Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar, Metode, dan Teknik. Bandung: Tarsito
Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Syaefudin U. S, 2009. Pengembangan Profesi Guru. CV. Alfabeta.
Syahidin. 2009. Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al-Qur’an. Bandung: Alfabeta
Swasto, Bambang. 1996. Manajemen Sumber Daya Manusia. Malang: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya
Tafsir, Ahmad. 2011. Ilmu Pendidkan Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Terry, G.R. dan L.W Rue, 1986, Azaz-Azaz Manajemen (terj.) Winardi, Bandung: Alumni Press.
Tim pengembang bahan Ajar LPPKS. 2013. Bahan pembelajaran Diklat calon Kepala Sekolah, Latihan Kepemimpinan. Indonesia: LPPKS
Uno, Hamza B. 2009. Profesi Kependidikan problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.
____________. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif . Jakarta: PT Bumi Aksara.
Usman, M. Uzer, 1999. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya
Werther, William B. & Keith Davis. 1996. Human Resources And Personal Management. Edisi kelima. New York: McGraw-Hill.
Widjaya, A. W., 1987, Perencanaan Sebagai Fungsi Manajemen, Jakarta: Bina Aksara.
Wahjosumidjo, 2005. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Published
How to Cite
Issue
Section
STATS
Copyright
Copyright (c) 2021 Southeast Asian Journal of Islamic Education Management
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.