Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Madrasah Sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru Untuk Memotivasi Belajar Siswa MTs Muqoddimatul Akhlak Curah Wungkal Silo Jember

Authors

  • Achmad Karimulah Magister Manajemen Pendidikan Islam IAIN Jember
  • Nur Ittihadatul Ummah UIN KH. Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i1.74

Abstract

Pelaksanaan supervisi akademik merupakan hal penting dalam sebuah Madrasah. Dengan adanya supervisi akademik diharapkan dapat memberikan penyegaran bagi guru dalam bentuk bantuan teknis, bimbingan, pembinaan dan perbaikan kinerja sebagai upaya meningkatkan profesionalisme guru untuk memotivasi siswa belajar siswa sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan nasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Hasil penelitian adalah: (1) Pelaksanaan supervisi akademik Kepala Madrasah dalam membantu guru menyusun rencana pembelajaran sebagai upaya meningkatkan profesionalisme guru untuk memotivasi belajar siswa dengan membimbing guru membuat rencana pembelajaran (RPP) dan perangkat pembelajaran, menfasilitasi guru yang mengalami kesulitan dan memberikan penilaian dan saran revisi untuk perbaikan perangkat pembelajaran. Teknik supervisi yang dilakukan yakni pertemuan individu (2) Pelaksanaan supervisi akademik Kepala Madrasah dalam membantu mengembangkan kemampuan guru mengelola proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan profesionalisme guru untuk memotivasi belajar siswa dengan melakukan supervisi guru pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan teknik supervisi kunjungan kelas, observasi kelas dan pertemuan individu. Penilaian pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh Kepala Madrasah adalah proses pembelajaran di kelas yang meliputi: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup (3) Pelaksanaan supervisi akademik Kepala Madrasah dalam membimbing perilaku mengajar guru sebagai upaya meningkatkan profesionalisme guru untuk memotivasi belajar siswa yaitu Kepala madrasah senantiasa mengingatkan dan memberi contoh perilaku yang baik kepada para guru dengan teknik supervisi penilaian diri sendiri dan pertemuan individu.

 

Kata kunci: Supervisi Akademik, Profesionalisme Guru, Motivasi Belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Metode Dan Teknik Supervisi. Jakarta: Ditjen PMPTK.

Masaong, Abd. Kadim. 2003. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru Memberdayakan Pengawas sebagai Gurunya Guru. Bandung: CV.Alfabeta.

Minarti, Sri. 2011. Manajemen Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyasa, E. 2006. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 13 Tahun 2007. PP Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 13 Tahun 2007

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional

Permendiknas nomor 13 tahun 2007 Tentang Standar kepala sekolah/Madrasah.

Rodliyah, St. 2014. Supervisi Pendidikan dan Pembelajaran. Jember: STAIN Jember Press.

Sahertian, Piet A. 2008. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Prasojo, Lantip Dian dan Sudiyono, 2011. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Penyusun. 2003. Standar Supervisi & Evaluasi Pendidikan: Supervisi Akademik dan Evaluasi Program. Jakarta: Depag RI

Published

2021-11-11

How to Cite

Achmad Karimulah, & Nur Ittihadatul Ummah. (2021). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Madrasah Sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru Untuk Memotivasi Belajar Siswa MTs Muqoddimatul Akhlak Curah Wungkal Silo Jember. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(1), 13-34. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i1.74

STATS

Abstract viewed = 8 times

Copyright

Copyright (c) 2021 Southeast Asian Journal of Islamic Education Management

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.