Rumah MODEM: Inovasi Aplikasi sebagai Upaya Membangun Moderasi Beragama di MAN 2 Tulungagung

Authors

  • Khoirul Mudawinun Nisa MAN 2 Tulungagung, Indonesia
  • Salsabila Shofa Harsan MAN 2 Tulungagung, Indonesia
  • Nisrina Nur Elysia M, Indonesia
  • Zakkiya Ashhabul Yumna M, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i1.75

Abstract

Terdapat beberapa permasalah terkait dengan keberagamaan di madrasah, di antaranya (1) Minimnya informasi tentang moderasi beragama. (2) Minimnya wadah pengembangan diri tentang nilai-nilai moderasi beragama. (3) Kaum milenial rawan disisipi faham radikalisme beragama. Melalui identifikasi ketiga permasalahan yang ada, maka peneliti berinisiatif untuk membuat aplikasi digital berupa “Rumah MODEM (Rumah Moderasi Beragama)” berbasis Linktree. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui tahapan pengembangan aplikasi digital Rumah Modem di MAN 2 Tulungagung. (2) Menginternalisasi nilai moderasi beragama melalui aplikasi digital Rumah Modem di man 2 Tulungagung. (3) Menguji efektifitas produk digital Rumah Modem di MAN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and development). Hasil penelitian menunjukkan: (1)Pengembangan aplikasi digital Rumah MODEM berdasarkan pada tahapan R & D model pengembangan 4D (four-D) yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu; define, design, develop, dan disseminate. (2) Nilai yang diinternalisasikan pada warga MAN 2 Tulungagung mengacu pada pada teori Lickona (components of good character) yang meliputi moral knowing, moral feeling, and moral behavior. (3) Kelayakan aplikasi digital Rumah Modem yang dikembangkan oleh peneliti dapatdilihat dari aktivitas pengunjung linktree denganrincian 207 klik dan 152 views. Sedangkan yang mengisi angket efektifitas produk adalah sebanyak 38 orang dengan hasil: rata-rata hasil keseluruhan adalah 3,89 dengan kesimpulan aplikasi Rumah MODEM yang dikembangkan sangat efektif.

 

Kata Kunci: Aplikasi Digital, Rumah MODEM, Moderasi Beragama

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abror, Mhd. Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi. Rusydiah. Jurnal Ushuludin, Vol. 1, No. 1, Mei 2020. http://ejournal.stainkepri.ac.id/index.php/rusydiah137Rusydiah

Fahri, Mohamad, dkk. Moderasi Beragama di Indonesia. Jurnal INTIZAR. Vol. 25, No. 2, Desember 2019

Kementerian Agama Republik Indonesia. 2019. Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. Jakarta: POKJA Implementasi Moderasi Beragama DIRJEN PENDIS KEMENAG RI.

Ningsih, Tutuk. 2011. “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Perspektif di Sekolah.” INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 16 (2)

Tim Penyusun Kementerian Agama RI. 2019. Tanya Jawab Moderasi Beragama. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. Jakarta: Kementerian Agama RI,.

Wawan Isab, Rubiyanto,. (2021). Kasus Baiat Doktrin NII pada Remaja di Garut. https://www.liputan6.com/news/read/4681187/kasus-baiat-doktrin-nii-pada-remaja-di-garut (Diakses 17 Oktober 2021)

Published

2021-11-11

How to Cite

Khoirul Mudawinun Nisa, Salsabila Shofa Harsan, Nisrina Nur Elysia, & Zakkiya Ashhabul Yumna. (2021). Rumah MODEM: Inovasi Aplikasi sebagai Upaya Membangun Moderasi Beragama di MAN 2 Tulungagung. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(1), 1-12. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i1.75

STATS

Abstract viewed = 1032 times

Copyright and License

Copyright (c) 2022 Khoirul Mudawinun Nisa, Salsabila Shofa Harsan, Nisrina Nur Elysia, Zakkiya Ashhabul Yumna

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Most read articles by the same author(s)