Integrasi Pesantren dan Sekolah (Kajian atas Pemikiran Abdurrahman Wahid)

Authors

  • Herman Wicaksono UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i1.85

Abstract

Abstract

Pesantren and schools should be integrated where they need to work together to improve the quality of education in Indonesia. Aside from the benefits and drawbacks of the pesantren education model, Abdurrahman Wahid, the "child" of pesantren, has demonstrated that pesantren can generate a nation's competent and competitive generation. As a result, the researcher was able to unearth Abdurrahman Wahid's views through library research involving books, kitab, periodicals, journals, and other connected materials. Abdurrahman Wahid has unique ideas regarding pesantren and school integration. Abdurrahman Wahid believes that this integration is critical in eliminating the knowledge divide and meeting the demands of today's career prospects. If the pesantren are still cut off from the new system that has joined the pesantren system, this will be impossible to do.

 

Keywords: integration, pesantren, school, Abdurrahman Wahid

 

Abstrak

Pesantren dan sekolah harus terintegrasi di mana mereka perlu bekerja sama untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Selain kelebihan dan kekurangan model pendidikan pesantren, Abdurrahman Wahid, “anak” pesantren, telah menunjukkan bahwa pesantren dapat menghasilkan generasi bangsa yang kompeten dan berdaya saing. Hasilnya, peneliti mampu menggali pandangan Abdurrahman Wahid melalui studi pustaka yang melibatkan buku, kitab, majalah, jurnal, dan materi terkait lainnya. Abdurrahman Wahid memiliki ide unik tentang integrasi pesantren dan sekolah. Abdurrahman Wahid percaya bahwa integrasi ini sangat penting dalam menghilangkan kesenjangan pengetahuan dan memenuhi tuntutan prospek karir saat ini. Jika pesantren masih terputus dari sistem baru yang telah bergabung dengan sistem pesantren, hal ini tidak mungkin dilakukan.

 

Kata kunci: integrasi, pesantren, sekolah, Abdurrahman Wahid

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Abdullah. “Kurikulum Pesantren Dalam Perspektif Gus Dur; Suatu Kajian Epistemologis.” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 4, no. 2 (2016). doi:10.15642/pai.2016.4.2.227-248.

An-Nahlawi, Abdurrahman. Usul Al-Tarbiyyah Al-Islmiyyah Wa Asalibuha Fi Al-Baiti Wa Al-Madrasati Wa Al Mujtama’i. Damaskus: Dar al-Fikr, 2004.

Arischa, Suci. “Analisis Beban Kerja Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan Kota Pekanbaru.” Jurnal Online Mahasiswa Universitas Riau 6, no. 1 (2019).

Baharuddin, and dkk. Dikotomi Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren Studi Pandangan Hidup Kyai Dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. LP3ES ed. Jakarta, 2011.

Hasyim, Muhammad. “Modernisasi Pendidikan Pesantren Dalam Perspektif Kh. Abdurrahman Wahid.” Cendekia?: Jurnal Studi Keislaman 2, no. 2 (2018). doi:10.37348/cendekia.v2i2.27.

Hidayat, Mansur. “Model Komunikasi Kyai Dengan Santri Di Pesantren.” Jurnal ASPIKOM 2, no. 6 (2017). doi:10.24329/aspikom.v2i6.89.

Mulyasa, E. Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya., 2014.

Nata, Abuddin. Tokoh-Tokoh Pembaruan Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Sadali, S. “Eksistensi Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam.” Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2020.

Undang-Undang Republik Indonnensia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003).

Wahid, Abdurrahman. Islamku, Islam Anda, Islam Kita. Jakarta: The Wahid Institute, 2006.

———. Menggerakkan Tradisi Esai-Esai Pesantren. Yogyakarta: LKiS, 2010.

Wicaksono, Herman. “Tujuan Pendidikan Islam Berbasis Mabadi Khaira Ummah.” Edukasia Islamika 5, no. 1 (2020): 17–37. doi:https://doi.org/10.28918/jei.v5i1.2426.

Published

2022-02-20

How to Cite

Wicaksono, H. (2022). Integrasi Pesantren dan Sekolah (Kajian atas Pemikiran Abdurrahman Wahid). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(1), 79-88. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i1.85

STATS

Abstract viewed = 207 times

Copyright

Copyright (c) 2021 Southeast Asian Journal of Islamic Education Management

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.