Manajemen Pendidikan Tinggi Islam (Upaya Mereposisi dan Merekonstruksi Lembaga Pendidikan Tinggi Islam di Era Globalisasi)

Authors

  • Didi Sartika Didi IAIN Takengon

DOI:

https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i2.23

Keywords:

manajemen, pendidikan, islam, upaya, mereposisi, merekonstruksi, perguruan, tinggi, globalisasi

Abstract

Upaya yang perlu digarisbawahi dalam upaya merekonstruksi dan mereposisi PTAI di era modern ini ialah mengubah pemahaman dan membangun kesadaran kita tentang posisi pendidikan Islam yang sejatinya tidak hanya memikirkan bagaimana agar setiap lembaga pendidikan tinggi islam mampu bersaing dengan perguruan tinggi berkelas dunia, tetapi lebih dari itu- lembaga pendidikan Islam tidak hanya mencetak sarjanawan intelektual yang mampu bersaing di dunia kerja tetapi juga mengemban tanggung jawab besar yaitu tanggung jawab dalam menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman dalam kehidupan berkebangsaan. Usaha  merekonstruksi  dan mereposisi lembaga pendidikan tinggi islam itu memang tidak mudah, karena itu perlu disusun perencanaan yang matang, sehingga di hasilkan   rencana,   program   dan   kebijakannya   secara   tepat   untuk   selanjutnya   dilakukan   penerapan   secara   konsisten.  Unsur  yang  dapat  dirubah  itu  tidak  selalu  seluruhnya  dilakukan  perubahan;  salah  satu  saja  dapat  dilakukan berarti telah melakukan perubahan. Ada empat  kategori   yang   perlu diperhatikan, yaitu:   manusia,   struktur,  teknologi,  dan  proses  organisasi.  sehingga output yang dihasilkan Perguruan Tinggi Agama Islam diharapkan memiliki keunggulan dalam pengembangan keilmuan serta keluhuran moral atau akhlak mulia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abuddinnata, Akhlak Tasawuf, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2003

Adam I, Indraijaya, Perubahandan Pengembangan Organisasi, Bandung : SinarBaru, 1989

Al-Quran Terjemahan..Departemen Agama RI. Bandung: CV Darus Sunnah. 2015

ArmawanAr-Rhaflizh, Tantangan Perguruan Tinggi Islam di Indonesia, (Jakarta: Wordpress, 2019), akses di https://armawanpena.wordpress.com/2013/10/24/tantangan-perguruan-tinggi-islam-di-indonesia/

Azra, Azyumardi, IAIN di Tengah Paradigma Baru Perguruan Tinggi, Dalam “OASIS” Jurnal Pascasarjana STAIN Cirebon Volume 1 No. 2 Juli-Desember 2008, Cirebon: Program Pascasarjana, 2008

Azra, Azyumardi, Upaya Menjawab Tantangan Zaman ?dalam Rubrik “Dialog” PERTA Jurnal Komunkasi Perguruan Tinggi Islam Volume IV No.01/2001

Barabbas ,Ayin, Makalah Manajemen Pendidikan Tinggi Islam, Blitar: STIT Almuslihuun, 2013

Barclay, Andrew B., How to Do a University, New York: John Willy and Son Inc.,1971

Fitri, AgusZainal, Jurnal: Masa Depan Perguruan Tinggi Islam, Tulungagung: STAIN Tulungagung, 2013

Nawawi, Hadari, Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas sebagai Lembaga Pendidikan, Jakarta : CV. Masagung, 1989

Nasution, Manajemen Mutu Terpadu, Jakarta: Ghalia Indonesia. 2000

Qomar, Mujamil, Epistimologi Pendidikan Isladari Metode Rasional hingga Metode Kritik, Jakarta: Erlangga, 2005

Suwarno, Pengantar Ilmu Pendidikan , Jakarta :AksaraBaru, tth

Stephen P., Robbins,Terj. Yusuf Udaya, Teori Organisasi, Struktur, Desain dan Aplikasi, Jakarta : Arcan, 1994

Syafaruddin, Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan, Jakarta: Grasindo 2002

Terry, George R. dan Leslie W. Rue, Dasar-Dasar Manajemen, terj. G.A Ticoalu. Cet. Ketujuh, Jakarta: BumiAksara. 2000

Published

2020-09-04

How to Cite

Didi, D. S. (2020). Manajemen Pendidikan Tinggi Islam (Upaya Mereposisi dan Merekonstruksi Lembaga Pendidikan Tinggi Islam di Era Globalisasi). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(2), 177-194. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i2.23