Manajemen Pendidikan Tinggi Islam (Upaya Mereposisi dan Merekonstruksi Lembaga Pendidikan Tinggi Islam di Era Globalisasi)
DOI:
https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i2.23Keywords:
manajemen, pendidikan, islam, upaya, mereposisi, merekonstruksi, perguruan, tinggi, globalisasiAbstract
Upaya yang perlu digarisbawahi dalam upaya merekonstruksi dan mereposisi PTAI di era modern ini ialah mengubah pemahaman dan membangun kesadaran kita tentang posisi pendidikan Islam yang sejatinya tidak hanya memikirkan bagaimana agar setiap lembaga pendidikan tinggi islam mampu bersaing dengan perguruan tinggi berkelas dunia, tetapi lebih dari itu- lembaga pendidikan Islam tidak hanya mencetak sarjanawan intelektual yang mampu bersaing di dunia kerja tetapi juga mengemban tanggung jawab besar yaitu tanggung jawab dalam menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman dalam kehidupan berkebangsaan. Usaha merekonstruksi dan mereposisi lembaga pendidikan tinggi islam itu memang tidak mudah, karena itu perlu disusun perencanaan yang matang, sehingga di hasilkan rencana, program dan kebijakannya secara tepat untuk selanjutnya dilakukan penerapan secara konsisten. Unsur yang dapat dirubah itu tidak selalu seluruhnya dilakukan perubahan; salah satu saja dapat dilakukan berarti telah melakukan perubahan. Ada empat kategori yang perlu diperhatikan, yaitu: manusia, struktur, teknologi, dan proses organisasi. sehingga output yang dihasilkan Perguruan Tinggi Agama Islam diharapkan memiliki keunggulan dalam pengembangan keilmuan serta keluhuran moral atau akhlak mulia.
Downloads
References
Abuddinnata, Akhlak Tasawuf, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2003
Adam I, Indraijaya, Perubahandan Pengembangan Organisasi, Bandung : SinarBaru, 1989
Al-Quran Terjemahan..Departemen Agama RI. Bandung: CV Darus Sunnah. 2015
ArmawanAr-Rhaflizh, Tantangan Perguruan Tinggi Islam di Indonesia, (Jakarta: Wordpress, 2019), akses di https://armawanpena.wordpress.com/2013/10/24/tantangan-perguruan-tinggi-islam-di-indonesia/
Azra, Azyumardi, IAIN di Tengah Paradigma Baru Perguruan Tinggi, Dalam “OASIS” Jurnal Pascasarjana STAIN Cirebon Volume 1 No. 2 Juli-Desember 2008, Cirebon: Program Pascasarjana, 2008
Azra, Azyumardi, Upaya Menjawab Tantangan Zaman ?dalam Rubrik “Dialog” PERTA Jurnal Komunkasi Perguruan Tinggi Islam Volume IV No.01/2001
Barabbas ,Ayin, Makalah Manajemen Pendidikan Tinggi Islam, Blitar: STIT Almuslihuun, 2013
Barclay, Andrew B., How to Do a University, New York: John Willy and Son Inc.,1971
Fitri, AgusZainal, Jurnal: Masa Depan Perguruan Tinggi Islam, Tulungagung: STAIN Tulungagung, 2013
Nawawi, Hadari, Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas sebagai Lembaga Pendidikan, Jakarta : CV. Masagung, 1989
Nasution, Manajemen Mutu Terpadu, Jakarta: Ghalia Indonesia. 2000
Qomar, Mujamil, Epistimologi Pendidikan Isladari Metode Rasional hingga Metode Kritik, Jakarta: Erlangga, 2005
Suwarno, Pengantar Ilmu Pendidikan , Jakarta :AksaraBaru, tth
Stephen P., Robbins,Terj. Yusuf Udaya, Teori Organisasi, Struktur, Desain dan Aplikasi, Jakarta : Arcan, 1994
Syafaruddin, Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan, Jakarta: Grasindo 2002
Terry, George R. dan Leslie W. Rue, Dasar-Dasar Manajemen, terj. G.A Ticoalu. Cet. Ketujuh, Jakarta: BumiAksara. 2000
Published
How to Cite
Issue
Section
STATS
Copyright and License
Copyright (c) 2020 Didi Sartika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.