Manajemen Keuangan dan Pembiayaan (Tamwil) Dalam Perspektif Islam

Authors

  • Nur Khomisah Pohan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Hellen Tiara UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i1.90

Abstract

Abstract

This study aims to determine financial management and financing (tamwil) in an Islamic perspective. The method used is a library research method, while data collection is carried out by reviewing and exploring several journal articles, books and several other sources of data or information that are considered relevant to this study. The results of this study are that education financing is mainly focused on efforts to spread the benefits of education and the burden that must be borne by the community. The amount of money spent or services offered to students are simply referred to as fees. The allocation of the tax burden in different types of group taxes, as well as the manner in which taxes are sent to schools, are all aspects of financing education. The most important thing in funding education is the amount of money to be spent, where the money should be obtained, and to whom the money should be spent.

 

Keywords: Financial Management, Financing (Tamwil), Islamic Perspective

 

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen keuangan dan pembiayaan (tamwil) dalam perspektif Islam. Metode yang digunakan adalah metode kajian pustaka (library reseach) sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menelaah dan mengeksplorasi beberapa artikel jurnal, buku-buku dan beberapa sumber data atau informasi lainnya yang dianggap relevan dengan kajian ini.Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa Pembiayaan pendidikan terutama difokuskan pada upaya penyebaran manfaat pendidikan dan beban yang harus ditanggung masyarakat.Jumlah uang yang dikeluarkan atau layanan yang ditawarkan kepada siswa secara sederhana disebut sebagai biaya. Alokasi beban pajak dalam berbagai jenis pajak kelompok manusia, serta cara mengirimkan pajak ke sekolah, adalah semua aspek pembiayaan pendidikan. Yang paling penting dalam mendanai pendidikan adalah jumlah uang yang harus dikeluarkan, ke mana uang itu harus diperoleh, dan kepada siapa uang itu harus dibelanjakan.

 

Keywords: Manajemen Keuangan, Pembiayaan (Tamwil), Perspektif Islam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Metode Dan Teknik Supervisi. Jakarta: Ditjen PMPTK.

Masaong, Abd. Kadim. 2003. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru Memberdayakan Pengawas sebagai Gurunya Guru. Bandung: CV.Alfabeta.

Minarti, Sri. 2011. Manajemen Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyasa, E. 2006. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 13 Tahun 2007. PP Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 13 Tahun 2007

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional

Permendiknas nomor 13 tahun 2007 Tentang Standar kepala sekolah/Madrasah.

Rodliyah, St. 2014. Supervisi Pendidikan dan Pembelajaran. Jember: STAIN Jember Press.

Sahertian, Piet A. 2008. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Prasojo, Lantip Dian dan Sudiyono, 2011. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Penyusun. 2003. Standar Supervisi & Evaluasi Pendidikan: Supervisi Akademik dan Evaluasi Program. Jakarta: Depag RI

Published

2022-02-15

How to Cite

Nur Khomisah Pohan, & Hellen Tiara. (2022). Manajemen Keuangan dan Pembiayaan (Tamwil) Dalam Perspektif Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(1), 45-78. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i1.90

STATS

Abstract viewed = 805 times

Copyright and License

Copyright (c) 2022 Nur Khomisah Pohan, Hellen Tiara

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.