Manajemen Kurikulum Sistem Kredit Semester dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Kota Probolinggo

Authors

  • Eko Wahyudi UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia
  • Riayatul Husnan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i2.104

Keywords:

Manajemen, kurikulum, Sistem Kredit Semester, Mutu Pendidikan

Abstract

Pendidikan yang berkualitas tentunya banyak aspek yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah kurikulum,  kurikulum merupakan cara kongkrit yang harus dipersiapkan secara matang agar terciptanya pendidikan yang berkualitas. Saat ini ada beberapa lembaga pendidikan yang mengembangkan dan memaksimalkan kurikulum berbasis potensi-potensi peserta didik, salah satunya dengan kurikulum Sistem Kredit Semester (SKS). Fokus penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum SKS dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles Huberman dan Saldana. Hasil penelitian ini: pertama,  perencanaan kurikulum SKS yakni dengan mengadakan rapat bersama sumberdaya manusia yang ada di sekolah kemudian dilanjutkan dengan pengajuan proposal kegiatan workshop. Kedua, Pengorganisasian kurikulum SKS dengan membentuk tim pengembangan SKS dipilih berdasarkan musyawarah bersama. Ketiga, Pelaksanaan kurikulum SKS pihak madrasah mensosialisasikan kepada siswa dan orang tua siswa. Dan dalam penerapannya di kelas, menggunakan model klasikal heterogen. Ke empat, Evaluasi kurikulum SKS yaitu, evaluasi di kelas seperti penilaian ujian serta melalui rapot. Evaluasi pengelolaan kurikulum SKS dengan mengadakan rapat dengan departemen agama dan widyaswara terkait SKS dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kendala yaitu, guru dan siswa SKS dua tahun harus bekerja ekstra, letak lokasi madrasah tidak strategis.

 KataKunci : Manajemen, kurikulum, Sistem Kredit Semester, Mutu Pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, Zuchri. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press. 2021.

Ahsanul C., Maulana “Evaluasi Sistem Kredit Semester (Studi Kasus di MTs.Unggulan Amanatul Ummah Surabaya)”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. 2018.

Anggal Nikolaus, Y. Yohanes, Amon L., Manajemen Pendidikan: Penggunaan Sumber Daya Secara Efektif untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Samarinda: Gunawana Lestari. 2020.

Angger A., Roni. Pengantar Manajemen: Teori dan Aplikasi. Malang: AEPublishing. 2020.

Aristiani, D.E., Supriyanto, “Manajemen Program Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA Negeri 1 Bojonegoro,” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 9, No. 3, 2021: 551-565.

Harsoyo, Roni. “Model Pengembangan Mutu Pendidikan (Tinjauan Konsep Mutu Kauro Ishikawa)”, Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, Vol. 2 No.1, 2021:95-112.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Permendikbud Republik Indonesia Nomor 158 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Miles, Huberman, dan Saldana. Qualitative Data Analysis. America: SAGE Publications. 2014.

Novi. “Pola Interaksi Sosial Siswa Kelas Akselerasi”. Jurnal PPKn UNJ Online Vol. 2, No. 4, 2014:2.

R. Sulis, Marlina Dwi, Arifah Umi, “Manajemen Pengembangan Kurikulum Madrasah Berbasis Ilmu Sosial Profetik dalam Mewujudkan Madrasah Unggul di MA An Nawawi Berjan Purworejo”, Jurnal An-Nidzam, Vol. 7 No.1, 2020:16-33.

Rodliyah, St. Manajemen Pendidikan: Sebuah Konsep dan Aplikasi. Jember: IAIN Jember Press. 2015.

Syafaruddin & Amiruddin. Manajemen Kurikulum. Medan: Perdana Publishing. 2017.

Wahyudin, Dinn. Manajemen Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2014.

Zulkarnain, Luthfi. “Analisis Mutu Input Proses Output di Lembaga Pendidikan Islam MTs Assalam Kota Mataram Nusa Tenggara Barat”, Journal of Islamic Education Research, Vol. 1 No.3, Desember, 2020:240-251.

Published

2022-11-09

How to Cite

Eko Wahyudi, & Riayatul Husnan. (2022). Manajemen Kurikulum Sistem Kredit Semester dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Kota Probolinggo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(2), 233-246. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i2.104

STATS

Abstract viewed = 415 times

Copyright and License

Copyright (c) 2022 Eko Wahyudi, Riayatul Husnan

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.