Otoritas Ulama Perempuan: Kepemimpinan Nyai dalam Mewujudkan Pendidikan Moderat di Pondok Pesantren MIA melalui Perspektif 9C

Authors

  • Khoirul Mudawinun Nisa' MAN 2 Tulungagung, Indonesia
  • Nabila Arqis Risqiya MAN 2 Tulungagung, Indonesia
  • Chairin Najwa Alifiansyah Putri MAN 2 Tulungagung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i2.109

Keywords:

Kepemimpinan Nyai, Pendidikan Moderat, Prespektif 9C

Abstract

Pesantren adalah salah satu lembaga pendidikan di Indonesia, biasanya dalam pesantren dipimpin oleh seorang Kyai tetapi ada beberapa pesantren yang dipimpin oleh seorang Nyai. Hal ini biasanya terjadi karena Kyai dari pondok pesantren tersebut meninggal, sehingga biasnya kepemimpinan berpindah ke tangan Nyai, atau istri dari Kyai tersebut. Kepemimpinan seorang Nyai tidak jauh berbeda dengan kepemimpinan Kyai, karena mereka adalah orang yang ditetuakan dan pastinya ditaati perintah dan perkataannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepemimpinan Nyai melalui perspektif 9C yang merupakan faktor-faktor kepemimpinan dalam Islam. Penelitian ini juga membahas perbedaan kepemimpinan seorang Nyai dibanding Kyai dalam pondok pesantren, salah satunya dalam pendidikan moderat. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif yang mengambil sumber datanya dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kepemimpinan Nyai lebih fleksibel, tetapi tetap tegas, beliau biasanya memberikan wejangan secara tidak langsung, seperti melalui pengurus pondok pesantren. Dalam mengajarkan pendidikan moderat seorang Nyai mengimplementasikan ajaran agama melalui paham Ahlussunnah wal Jama?ah dan juga memberikan contoh untuk bersikap rendah hati, berpikir rasional, dan saling menghargai yang diimplementasikan dalam 4 hal yaitu: Komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan akomodatif terhadap tradisi lokal.

Kata Kunci: Kepemimpinan Nyai; Pendidikan Moderat; Prespektif 9C

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, Ajibah Quroti. “Islam Moderat Di Pesantren: Sistem Pendidikan, Tantangan, Dan Prospeknya.” EDUKASIA ISLAMIKAL: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (2018): 218–33.

Amalia, Viki, and Zainal Arifin. “Kepemimpinan Nyai Dalam Memelihara Kajian Kitab Kuning Di Ma ’ Had Aly Nurul Jadid Probolinggo.” MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 2 (2018): 215–30.

Arifin, Muhyidin Zainul. “Peran Kepemimpinan Nyai Di Pondok Pesantren.” Saintekbu: Jurnal Sains Dan Teknologi 7, no. 2 (2014): 25–47.

Farid, Mohamad, and Ahmad Syafii. “Moderatisme Islam Pesantren Dalam Menjawab Kehidupan Multikultural Bangsa.” IQRA: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan 3, no. 1 (2018): 114–39.

Imroatus Sholikhah, Nilna, and Syaiful Kibtiyah, Asriana Alim. “Kepemimpinan Ibu Nyai Hj . Lathifah Masruh Di Pondok Pesantren.” At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam Dan Mu?amalah 10, no. 1 (2022): 1–10.

Khotimah, Khusnul. “Peran Kepemimpinan Bu Nyai Dalam Memanajemen Pesantren.” JPA: Jurnal Penelitian Agama 18, no. 2 (2017).

Muna, Nailal. “Kepemimpinan Nyai Di Pesantren Al Hajar Kapurejo Pagu Kediri.” Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 10, no. 1 (2020).

Nurdin, Ali, and Maulidatus Syahrotin Naqqiyah. “Model Moderasi Beragama Berbasis Pesantren Salaf.” ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman 14, no. 1 (2019): 82–102.

Pramitha, Devi. “Kepemimpinan Kiai Di Pondok Pesantren Modern?: Pengembangan Organisasi, Team Building Dan Perilaku Inovatif.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 8, no. 2 (2020): 147–54.

Prasetiawati, Eka. “Menanamkan Islam Moderat Upaya Menanggulangi Radikalisme Di Indonesia.” Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya 2, no. 2 (2017).

Razak, Yusron, and Ilham Mundzir. “Otoritas Agama Ulama Perempuan: Relevansi Pemikiran Nyai Masriyah Amva Terhadap Kesetaraan Gender Dan Pluralisme.” PALASTREN: Jurnal Studi Gender 12, no. 2 (2019): 397–430.

Suhud. “Dinamika Kepemimpinan Pondok Pesantren Kiai Syarifuddin Lumajang.” JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management 1, no. 1 (2019): 1–22.

Sumarto, and Emmi Kholilah Harahap. “Mengembangkan Moderasi Pendidikan Islam Melalui Peran Pengelolaan Pondok Pesantren.” Riayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan 4, no. 1 (2019).

Sunarto, Heri. “Peran Kepemimpinan Kyai Dalam Mengembangkan Karakter Santri,” 2018.

Wahyuni, Sri, and Zainal Arifin. “Kepemimpinan Demokratis Nyai Dalam Pengembangan Pondok Pesantren.” JMIE: Journal of Management in Education (JMIE) 1, no. 1 (2016): 1–12.

Published

2022-12-26

How to Cite

Khoirul Mudawinun Nisa’, Nabila Arqis Risqiya, & Chairin Najwa Alifiansyah Putri. (2022). Otoritas Ulama Perempuan: Kepemimpinan Nyai dalam Mewujudkan Pendidikan Moderat di Pondok Pesantren MIA melalui Perspektif 9C. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(2), 313-324. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i2.109

STATS

Abstract viewed = 332 times

Copyright and License

Copyright (c) 2022 Khoirul Mudawinun Nisa', Nabila Arqis Risqiya, Chairin Najwa Alifiansyah Putri

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.