Manajemen Literasi Sains Sebagai Upaya Mengukuhkan Budaya Menulis Karya Ilmiah Bagi Peserta Didik (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Darul Huda Ponorogo)

Authors

  • Nurul Amanah IAIN Ponorogo, Indonesia
  • Wahid Hariyanto IAIN Ponorogo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i2.113

Keywords:

Manajemen; Literasi Sains; Karya Ilmiah

Abstract

Seiring berkembangnya budaya literasi, literasi sains hadir membantu individu menemukan solusi terbaik atas permasalahan kehidupan yang semakin kian kompleks. Literasi sains yang dimanifestasikan melalui menulis karya ilmiah perlu dibudayakan kepada peserta didik untuk menumbuhkan daya berpikir kritis agar peserta didik terbiasa dan siap dalam menghadapi permasalahan di masa mendatang. Berawal dari  asumsi tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengungkap praktik pengelolaan budaya literasi sains di Madrasah Aliyah Darul Huda Tonatan Ponorogo mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi budaya literasi sains. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data diambil dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis dengan menggunakan konsep dari Miles dan Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa: 1) perencanaan literasi sains dilakukan dengan cara menentukan tujuan serta memenuhi komponen pendukung bagi terlaksananya literasi sains; 2) pelaksanaan literasi sains diawali dengan sosialisasi program literasi, pelibatan stakeholder internal madrasah, serta menjalin komunikasi dengan orang tua peserta didik; 3) evaluasi literasi sains dilakukan pada dua aspek yaitu evaluasi progres penulisan karya ilmiah, dan evaluasi pada fasilitas pendukung literasi sains.

 

Keywords: Manajemen, Literasi Sains, Karya Ilmiah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, Yeni Nur. “Tinjauan Teori Perencanaan Dalam Pelaksanaan Program Pemanfaatan Dana Desa.” Litbang Sukowati 03, no. 01 (2019): 53.

Amtu, Onisimus. Manajemen Pendidikan Di Era Otonomi Daerah Konsep, Strategi, Dan Implementasi. Jakarta: Alfabeta, 2013.

Arohman, Mamat, Saefudin, and Didik Priyandoko. “Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Pembelajaran Ekosistem.” In Proceeding Biology Education Conference, Vol. 13, 2016.

Asyhari, Ardian. “Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika: Jurnal Biruni 4, no. 2 (2015). http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/article/view/91.

Asyriani, Siti. “Peran Struktur Organisasi Dalam Meningkatkan Koordinasi Kerja Pada PT Astra Internasional Medan.” Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan 04, no. 01 (2021): 354.

Dawani, Sofie. Seri Manual GSL Menulis Untuk Kesenangan. jakarta: direktorat jendral pendidikan dasar dan menengah kementrian pendidikan dan kebudayaan, 2018.

Fatah, Nanang. Landasan Manajemen Pendidiksn. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Fuadi, Husnul, Annisa Zikri Robbia, Jamaluddin, and Abdul Wahab Jufri. “Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 5, no. 2 (2020). http://www.jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/122/110.

Hermati, Reni. Setrategi Icom Manajemen Budaya Sekolah, 2015.

Kemendikbud. “Pendidikan Karakter Dorong Tumbuhnya Kompetensi Siswa Abad 21.” Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2017.

Khaleyla, Firas. “Training Science Literacy Skills Through Article Writing on Local Wisdom in East Java.” International Joint Conference on Science and Engineering (IJCSE 2020) 196 (2020): 163.

Madani, nany soengkono. “Pendampingan Penyusunan Laporan Karya Tulis Bagi Siswa Peserta Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja Di MAN 1 Tulungagung.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 08, no. 01 (2020): 49.

Mulyasa. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2012.

Mustikaningsih, Hastuti. Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GSL) Di SMA Tahun 2020. jakarta: direktorat sekolah menengah atas, 2020.

Neprializa. “Manajemen Budaya Sekolah.” Manajer Pendidikan 09, no. 03 (2015): 420.

Novita, Mona. “Sarana Dan Prasarana Yang Baik Menjadi Bagian Ujung Tombak Keberhasilan Lembaga Pendidikan Islam.” Jurnal Nur El-Islam 04, no. 02 (2017): 98.

Ramadhan. “Manajemen Progam Literasi Praktik Pembudayaan Membaca Siswa Di Sekolah.” Prosiding Seminar Nasional"penguatan Karakter Berbasis Literasi Ajaran Taman Siswa Menghadapi Revolusi Industri 4.0", 2019.

Setiawan, Adib Rifqi. “Peningkatan Literasi Saintifik Melalui Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan Saintifik.” Journal of Biology Education 2, no. 1 (2019). https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jbe/article/view/5278/pdf_1.

Setiawan, krishna adi, Nurhadi, and Abdul Rahman. “Progam Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Perilaku Disiplin Siswa Di SMA N 1 Ngemplak,” n.d.

Siahan, Junita. “Manajemen Pengembangan Budaya Sekolah Unggul (Studi Kasusu Di SMP Taman Siswa Pemantangsiantar).” Pendidikan, Sejarah Dan Ilmu-Ilmu Sosial 05, no. 02 (2021): 321.

Suddin, Ansar, and Wahira. “Pengelolaan Budaya Sekolah Di SMP Negri 1 Senada Kecamatan Senada Kabupaten Majene,” 2020, 8–9.

Suswandari, Meidawati. “Membangun Budaya Literasi Bagi Suplemen Pendidikan Di Indonesia.” Diddas Bantara 01, no. 01 (2018): 21.

Toharudin, Uus, Sri Hendrawati, and Andrian Rustaman. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: humaniora, 2011.

Yuliati, Yuyu. “Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA.” Jurnal Cakrawala Pendas 3, no. 2 (2017).

Published

2022-12-26

How to Cite

Nurul Amanah, & Hariyanto, W. (2022). Manajemen Literasi Sains Sebagai Upaya Mengukuhkan Budaya Menulis Karya Ilmiah Bagi Peserta Didik (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Darul Huda Ponorogo). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(2), 263-276. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i2.113

STATS

Abstract viewed = 194 times

Copyright and License

Copyright (c) 2022 Nurul Amanah, Wahid Hariyanto

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.