Kepemimpinan inovatif dalam pengembangan organisasi dan team

Kepemimpinan inovatif dalam pengembangan organisasi dan team

Authors

  • jaudi Institut Agama Islam Darullughah Waddda’wah Bangil Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i2.35

Abstract

Artikel ini menyajikan tentang organisasi senantiasa mengalami perubahan karena faktor pendorong baik yang berasal dari dalam organisai maupun luar organisasi. Saat ini, agar suatu organisasi mampu bertahan tidak cukup hanya mengandalkan kharisma seorang pemimpin, maka diperlukan pula kecerdasan dari seorang pemimpin untuk merespon berbagai perubahan yang terjadi disekitarnya serta melakukan berbagai macam inovasi, baik itu melaui Organizational Development (OD), Team Building maupun Pengembangan Individu untuk membentuk perilaku innovative. Metodologi atau Pendekatan yang digunakan dalam tulisan ini menggunakan metode atau pendekatan library research, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menelaah beberapa buku, jurnal baik yang berbentuk cetak maupun elektronik serta sumber-sumber data dan atau informasi lainnya yang dianggap relevan dengan kajian. Temuan dalam kajian ini kinerja adalah dalam diri manusia terdapat kecerdasan spiritual (spiritual quotient SQ), sebagai salah satu model kepemimpinan yang perlu diadopsi dan mendapat tanggapan dari seorang pemimpin yakni model kepemimpinan spiritual. Dalam melakukan pengembangan organisasi hendaknya memperhatikan faktor komunikasi baik tentang program, proses maupun monitoring dan evaluasi), sosiologis, psikologis dan historis yang melingkupi organisasi sehingga pada saat seorang pemimpin melakukan perubahan tidak akan terjadi gejolak yang besar diantara para anggota organisasi.

 

Kata Kunci: Kepemimpinan inovatif, organisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adzim, Ali Abdul. 1989. Falsafah Al Ma’rifat Fil Qur’an Al Karim. (terj). Kalilullah Ahmad Masykur Hakim. Epistemologi dan Aksiologi Ilmu Perspektif Al Qur’an. Bandung; CV. Rosda.

Agustian, Ary Ginanjar. 2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ (Emotional Spiritual Quotient) berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Jakarta; Arga Wijaya Persada.

Crow, Lester. D – Alice Crow. Educational Psychology. (terj). Z. Kasijan. 1984. Psikologi Pendidikan. Surabaya; Bina Ilmu.

Davis, Keith. 1985. Human Behavoir at Work: Organizational Behavior, Seventh Edition. Alih bahasa oleh Agus dharma. 2004. Jakarta;Erlangga. Cet. 12

Denny, Richard. 1993. Sukses Memotivasi: Jurus Jitu Meningkatkan Prestasi. Terjemahan oleh Pius M. Sumaktoyo. 1997. Jakarta; Gramedia Pustaka Utama. Cet. Keempat.

Goleman, Daniel. Emotional Intelligence. (terj) Hermaya. 1999. Jakarta; Gramedia Pustaka Utama.

http://72.14.203.104/search?q=cache:FndyoH-5wN8J:www.e-psikologi.com/wirausaha/eq.

Hughes, Ginnet and Curphy. 2002. Leadership; Enhancing The Lesson of Experience 4thEd. McGraw Hill Irwin.

Indrawijaya, Adam I. 1989. Perubahan dan Pengembangan Organisasi, Bandung; Penerbit Sinar Baru.

J.P, Chaplin. 2002. Kamus Lengkap Psikologi (terj). Kartini kartono. Jakarta; PT RajaGrafindo Persada. Ed. 1 Cet. 8

Kartono, Kartini. 2004. Pemimpin dan Kepemimpinan, Apakah Pemimpin Abnormal itu?. Jakarta; RajaGrafindo Persada. Cet. 12

Keating, Charles J. 1982. Kepemimpinan: Teori dan pengembangannya. Alih Bahasa oleh A.M. Mangunhadjana.2003. Yogyakarta; Kanisius. Cet. 15

Maddux, Robert B. Tanpa Tahun. Team Building: Terampil Membangun Tim Handal. Alih Bahasa Kristiyabudi P. Hananto. 2001. Jakarta; Erlangga. Edisi 2.

Mohyi, Ach.1999. Teori dan perilaku Organisasi. Trioningsih –Ratih Juliati (ed). Malang; UMM.

Nawawi, Hadari. 2003. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta; Gadjah Mada University Press.

Pertiwi, Aprilia Fajar, dkk. 1997. Mengembangkan Kecerdasan emosi. Sei Ayahbunda. Jakarta; Yayasan aspirasi Pemuda.

Robbins, Stephen P. 1996. Perilaku Organisasi:Konsep, Kontroversi, Aplikasi. Alih Bahasa oleh Hadyana Pujaatmaka. Jakarta; Prenhalindo.

____________. 1999. Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi. Alih Bahasa. Halida – Dewi Sartika. 2002. Jakarta; Erlangga.

Sa'id, Mas'ud. 2006. Kepemimpinan: Pengembangan Organisasi, Eam Building dan Perilaku Inovative. Makalah disajikan dalam kuliah Kepemimpinan Pendidikan Islam UIN Malang. 29 Mei 2006.

Saleh, Abdul Rahman-Muhbib Abdul wahab. 2004. Psikologi (Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam). Jakarta; Kencana.

Satiadarma, Monty. P – Fedelis E. Waruwu. 2003. Mendidik Kecerdasan (Pedoman Bagi Orang Tua dan Guru dalam Mendidik Anak Cerdas). Jakarta; Pustaka Populer Obor.

Siagian, Sondang P. 1987. Teknik Menumbuhkan Dan Mengembangkan Perilaku Organisasional. Jakarta; CV Haji Masagung. Cet. 1

Stoner, James A. F -R. Edward Freeman-Daniel R. Gilbert, Jr. 1995. Manajemen. Terjemahan oleh Alexander Sindoro. Jakarta; Prenhalindo 1996.

Strauss, George dan Leonard R. Sayles. 1980. Manajemen Personalia-Segi Manusia dalam Organisasi. Alih Bahasa Oleh Grace M Hadikusuma-Rochmulyati Hamzah. 1991. Jakarta; Gramedia. Cet. 2 edisi Revisi.

Tanthowi, Jawahir. 1983. Unsur-Unsur Manajemen menurut AjaranAal Qur'an. Jakarta; Pustaka Al Husna.

Taufiq, Ali Muhammad. Praktik Manajemen Berbasis Al Qur'an. Jakarta: Gema Insani Press.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi 3. Jakarta; Balai Pustaka. Cet 1

Tobroni. 2005. The Spiritual Leadership Pengefektifan Organisasi Noble Industry Melalui Prinsip-prinsip Spiritual Etis. Malang; UMM Press.

Usman, Husaini. 2004. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta; Universitas Negeri Yogyakarta.

Winardi. 2000. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta; Rineka Cipta. Cet. 2. Edisi Baru

Wisnu Ur, Dicky -Siti Nurhasanah. 2005. Teori Organisasi, Struktur dan Desain . Malang; UMM Press. Cetakan kedua.

www.depdiknas.go.id/Jurnal/41 Subijanto.htm-83k

Published

2020-11-28

How to Cite

jaudi. (2020). Kepemimpinan inovatif dalam pengembangan organisasi dan team: Kepemimpinan inovatif dalam pengembangan organisasi dan team. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(2), 221-235. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i2.35