Manajemen Kepemimpinan Profetik Upaya Meningkatkan Kinerja dan Tanggung Jawab Guru di Lembaga Pendidikan Islam

Authors

  • Mohammad Zaini IAIN Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i1.45

Abstract

Manajemen secara fungsi manajerialnya adalah proses pengelolaan dalam upaya meningkatkan kualitas dan mutu  sumber daya yang ada baik manusia maupun sumber pendukung lainnya dengan baik dan benar sebagaimana top porsi masing-masing. Secara kelembagaan khususnya lembaga pendidikan islam kategori pengelolaan baik dan benar manakala dalam prosesnya dapat menumbuhkan tanggung jawab terhadap kinerjanya. Kinerja yang dimaksud adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik bersama-sama berusaha untuk mewujudkan keinginan dan harapan masyarakat seperti kepemimpinan kepala sekolah yang adil dan bijaksana, guru penuh perhatian dan pembimbingan secara inten, karyawan selalu memberikan kemudahan dalam urusan administrasi dan peserta didik saling menghormati satu sama lain. Konteks di atas merupakan salah satu prilaku seseorang yang mengimplementasikan nilai-nilai profetik dalam kehidupannya sehari-hari.

 

Kata kunci: manajemen kepemimpinan, lembaga pendidikan islam, kinerja dan tanggung jawab

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Kurnia El-Qarni, Leadershif Dalam Organisasi Perusahaan, (Online). http://www.w3c.org/TR/1999/REC-html. (Diakses 1 Mei 2018)

Ary H. Gunawan, 2002, Administrasi Sekolah Administra Pendidikan Mikro, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aynur Pala, The Need For Character Education, dalam International Journal Of Social Sciences And Humanity Studies Vol 3, No 2, 2011 ISSN: 1309-8063 (Online).

Dindin Jamaluddin, Character Education In Islamic Perspective, dalam International Journal Of Scientific & Technology Research, Volume 2, Issue 2, February 2013 ISSN 2277-8616.

E. Rochaeti, Rahayuningsih, Pontjorini dan G.P. Yanti, 2006, Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Fakih, Aunur Rohim dan Iip Wijayanto. 2001. Kepemimpinan Islam. Yogyakarta: UII Press.

H.A. Malik Fadjar, 1993. Administrasi dan Super Visi Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media.

Hendyat Soetopo, 2001, Manajemen Pendidikan, Malang : Universitas Negeri Malang.

Husaini Usman, 2010, Manajemen : Teori, Praktik dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Imam Tolkhah dan Ahmad Barizi, 2004, Membuka Jendela Pendidikan Islam, Mengurai Akar Tradisi dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

John M. Echols dan Hasan Sadily, 1996, Kamus Ingris-Indonseia, Jakarta: PT Gramedia, 351. Kemudian, lihat juga Ahmad Kurnia El-Qarni, Leadershif Dalam Organisasi Perusahaan, (Online). http://www.w3c.org/TR/1999/REC-html. (Diakses 1 Mei 2018)

Kuntowijoyo, Al-Quran sebagai Paradigma Jurnal Ulumul, Jurnal Ulumul Quran No. 4 Vol, No V th. 1994137

M. Manullang & Marihot Amh Amnullang, 2008, Manajemen Personalia, Yogyakarta : Gajah MadaUniversity Press.

Malayu S.P Hasibuan, 2001, Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah, Jakarta : Bumi Aksara.

Malik Bin Anas Abu Abdullah AlAshbahiy, , 1991, Al- Muwaththa Imam Malik, Juz 3 Damasqus: Darul Qalam.

Moh. Shofan, 2004, Pendidikan Berparadigma Profetik; Upaya Konstruktif Membongkar Dikotomi Sistem Pendidikan Islam,Gresik: UMG Press.

Mokhtar Abdullah, dkk. Value Based Total Performance Excellence Model; Baseline Assessment Criteria Guidlines For Organizations, 23-28.

Muhaimin, dkk, 2009,Manajemen Pendidikan :Aplikasi dalam Penyusunan Rencana Sekolah / Madrasah, Jakarta : Kencana.

Muhammad Syafi’i Antonio, 2007, Muhammad SAW: The Leader Suoer Manager, Jakarta:Tazkia Multimedia & ProLM Center, 77-255.

Nanang Fattah, 2004, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto, 2010, Administrasi dan Supervisi Pendidikan,Bandung : Remaja Rosdakarya.

Pius A Partanto dan M. Dahlan AlBarry, Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: Arkola, TT

T. Hani Handoko, 2003, Manajemen, Yogyakarta : UGM.

Tobroni, 2005, The SpiritualLeadership; Pengefektifan Organisasi Noble Industry Melalui Prinsip-Prinsip Spiritual Etis, Malang: UMM Press.

Wahjosumidjo, 2005, Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Weinata Sairin, 2001,Pendidikan yang Mendidik, Jakarta : Yudhistira.

Published

2021-05-06

How to Cite

Mohammad Zaini. (2021). Manajemen Kepemimpinan Profetik Upaya Meningkatkan Kinerja dan Tanggung Jawab Guru di Lembaga Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 74-85. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i1.45

STATS

Abstract viewed = 1172 times

Copyright

Copyright (c) 2021 Southeast Asian Journal of Islamic Education Management

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.