Karakteristik Tugas Manajamen Puncak Dalam Pendidikan Islam

Authors

  • Muh. Shulthon Rachmandhani IAIN Ponorogo, Indonesia
  • Edi Irawan IAIN Ponorogo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i2.58

Abstract

Abstrak

Manajemen puncak (top management) memiliki arti sebagai sekumpulan individu yang memegang gelar, CEO, presiden, atau ketua dewan. Biasanya dalam perusahaan terdapat dua orang yang menempati posisi manajemen puncak, yang satu berposisi sebagai presiden, dan salah satu diantaranya memegang posisi sebagai Chief Executive Officier (CEO). Di SMP Muhammadiyah 4 Balong Ponorogo, posisi manajemen puncak tersebut dijabat oleh wakil kepala sekolah. Tugas wakil kepala sekolah adalah sebagai berikut: 1) Bidang administrasi. 2) Bidang ke-Islaman dan Kemuhammadiyahan. 3) Bidang kesiswaan. 4). Bidang sarana dan prasarana. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui tugas wakil kepala sekolah sebagai manajemen puncak dalam pendidikan Islam. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah kualitatif berjenis studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  manajemen puncak telah melaksanakan tugasnya yang terkait dengan pendidikan Islam di SMP Muhammadiyah 4 Balong Ponorogo. Adapun tugas Wakasek meliputi; 1. Wakasek kurikulum. 2. Wakasek Ismuba. 3. Wakasek Kesiswaan. 4. Wakasek Sarana dan Prasarana. Di mana masing-masing wakask tersebut memiliki karakteristik tugas masing-masing yaitu: 1. Wakasek kurikulum di dalam menjalankan tugasnya karakteristik yang dimilikinya sebagai eksekutif manajer. 2. Wakasek Ismuba di dalam menjalankan tugasnya karakteristik yang dimilikinya sebagai edukator, dan administrator. 3. Wakasek kesiswaan di dalam menjalankan tugasnya memiliki karakteristik sebagai administrasi. 4. Wakasek sarana dan prasarana di dalam menjalankan tugasnya memiliki karateristik sebagai eksekutif manajer.

 

Keywords: Manajemen Puncak, Pendidikan Islam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ake. “Top Management Education, An Evaluation Study.Swedish Council for Personnel Administration, Stockholm.,” 1967.

Alam, Lukis. “Internalisasi Pendidikan Islam Dalam Perguruan Tinggi Di Kampus.” Istawa: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2016): 101. https://doi.org/10.24269/ijpi.v1i2.171.

Ali Khalid Mardawi. “Islamic Educatin Toward a Comprehensive View.” King Saud University 1, no. 2 (1989): 3–14.

Anwar, Choirul. “Empathy Based Allocation As The Role In Controlling Sustainability Operation ( A Phenomenological Study At Pondok Pesantren Tebuireng ).” Review of Integrative Business & Economics Research 5, no. 1 (2016): 267–95. http://buscompress.com/journal-home.html.

Bafadhol, Ibrahim. “Lembaga Pendidikan Islam Di Indoesia.” Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam 06, no. 11 (2017): 72.

Dadang Suhardan. Supervisi Professional Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Era Otonomi Daerah. Bandung. Alfabeta, 2010.

Deem, Rosemary, and Kevin J. Brehony. “Management as Ideology: The Case of ‘new Managerialism’ in Higher Education.” Oxford Review of Education 31, no. 2 (June 2005): 217–35. https://doi.org/10.1080/03054980500117827.

Donni Juni Priansa, Rismi Somad. Manajemen Supervisi Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta, 2014.

Greenfield, William D. “Studies of the Assistant Principalship: Toward New a Venues of Inquiry.” Education and Urban Society 18, no. 1 (1985): 7–27. https://doi.org/10.1177/0013124585018001002.

Imron Mutaqin. “Supervision Planning at Islamic Education Institutions: Google Scholar Library Studies and Mendeley’s Reference Manager.” Istawa: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 02 (2020): 222–38.

Kusuma Pertiwi, Adhe, Sinta Septia Anggra Cahyani, Risma Chulashotud Diana, and Imam Gunawan. “The Leadership of Kyai: A Descriptive Study.” In Atlantis-Press.Com, 2018. https://doi.org/10.2991/coema-18.2018.32.

Ma’ruf, Muhammad. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di SMP Islam Darul Karomah Mandaranrejo Pasuruan.” Journal EVALUASI 1, no. 1 (2018): 42. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v1i1.64.

Manan, Syaepul. “Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim 15, no. 2 (2017): 49–65.

Mappasiara. “PENDIDIKAN ISLAM (Pengertian, Ruang Lingkup Dan Epistemologinya).” Rumah Jurnal UIN Alaudin Makassar VII, no. 1 (2018): 147–60.

Marno, Triyo Supriyanto. Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: Refika Aditama, 2013.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 34 Tahun 2018.” Bsnp, no. 1 (2018): 43. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Mulyasa. Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

N.Hall. In 7th International Confferences on Bussines Management Education. Unpub Mimeogr: OECD, 1960.

Pardani1, Kadek Kusuma, and I Gst Ayu Eka Damayanthi. “Pengaruh Pemanfaatan Teknologi, Partisipasi Pemakai, Manajemen Puncak, Dan Kemampuan Pemakai Terhadap Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi.” E-Jurnal Akuntansi 19, no. 03 (2017): 2234–61.

Pendidikan, Dosen, Agama Islam, Ftk Iain Raden, and Intan Lampung. “Tujuan Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 6, no. November (2015): 151–66. http://103.88.229.8/index.php/tadzkiyyah/article/view/1876.

Rohman, Miftahur, and Hairudin Hairudin. “Konsep Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Nilai-Nilai Sosial-Kultural.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 1 (2018): 21. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i1.2603.

Salleh, MS. “Strategizing Islamic Education.” ijern.com, 2013. www.uscwm.org/.

Shakeshaft, C. “The Female World of Love.Pdf.” Education Digest, 1986. https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Shakeshaft%2C+C.+%281986%29.+The+female+world+of+school+administrators.+Education+Digest%2C+52+%281%29%2C+30-31.&btnG=.

Shobaki, Mazen J Al, Youssef M Abu Amuna, and Samy S Abu Naser. “The Impact of Top Management Support for Strategic Planning on Crisis Management: Case Study on UNRWA-Gaza Strip.” International Journal of Academic Research and Development, 2016, 2455–4197. www.academicsjournal.com.

Slamet Untung IAIN Pekalongan, Moh. “IMPLEMENTING FUNCTIONS OF MANAGEMENT IN ISLAMIC EDUCATION INSTITUTIONS,” n.d.

Solihin. Pengantar Manajemen. Jakarta: Erlangga, 2009.

Sudarsana, Ketut, Ni Kadek, Vivin Mahayuni, Janner Simarmata, I Made, Dwi Susila, Adnyana Putu, et al. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN. Jayapanguspress.Penerbit.Org. Accessed July 9, 2020. http://jayapanguspress.org.

Sulistia Paudi, Ikhfan, Arifin Suking. “Kinerja Wakil Kepala Sekolah Menengah Pertama Dilihat Dari Tugas Pokok Dan Fungsiny.” Manajemen Pendidikan 02, no. 02 (2020): 192–205.

Tanujaya, Benidiktus, Jeinne Mumu, and Gaguk Margono. “The Relationship between Higher Order Thinking Skills and Academic Performance of Student in Mathematics Instruction.” International Education Studies 10, no. 11 (2017): 78. https://doi.org/10.5539/ies.v10n11p78.

Taylor, John; Miroiu, Adria. Policy-Making, Strategic Planning, and Management of HigherEducation. Papers on Higher Educati, 2002. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED475531.pdf.

Thoyib, Muhammad. Model Otonomi Manajemen Mutu Perguruan Tinggi Islam Di Indonesia. Yogyakarta: Cetta Media, 2015.

Usman, Husaini. Manajemen Teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Warner, Jerold B, Ross L. Watts, and Karen H Wruck. “Stock Prices and Top Management Changes.” Journal of Financial Economics 20, no. C (1988): 461–92. https://doi.org/10.1016/0304-405X(88)90054-2.

Wheelen, T. L., Hunger, J. D., Hoffman, A. N., & Bamford, C. Strategic Management and Business Policy: Globalization, Innovation and Sustainablility 14th Edition. Pearson, 2014.

Published

2021-08-18

How to Cite

Muh. Shulthon Rachmandhani, & Edi Irawan. (2021). Karakteristik Tugas Manajamen Puncak Dalam Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(2), 191-204. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i2.58

STATS

Abstract viewed = 632 times

Copyright and License

Copyright (c) 2021 Muh. Shulthon Rachmandhani, Edi Irawan

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.