Upaya Komunitas Bringin Muda Bersemi (BMB) Dalam Meningkatkan Literasi Melalui Ahad Literasi Di Desa Bringin Kauman Ponorogo

Authors

  • Anggraini Nurpitasari Mahasiswa FATIK IAIN Ponorogo
  • Muhammad Heriyudanta IAIN Ponorogo
  • Marjanji SDN Bogorejo Rembang
  • Galuh Sitaresmi Magister Geografi UGM Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i2.76

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat baca anak di desa Bringin Kauman Ponorogo. Hal ini disebabkan karena kurangnya kesadaran orang tua akan pentingnya membaca, kebiasaan anak yang lebih memprioritaskan untuk bermain gadget dari pada membaca buku ditambah dengan sekolah yang meliburkan siswa untuk tidak melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas tetapi meminta untuk belajar di rumah selama pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan eksistensi komunitas Bringin Muda Bersemi (BMB) dalam kegiatan literasi, upaya yang dilakukan dalam meningkatkan literasi, faktor pendukung dan penghambat serta implikasi program ahad literasi bagi anak-anak. Untuk menjawab penelitian diatas peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian data deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data mengunakan redukasi data, penyajian data, dan pengambilan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan kesimpulan adalah eksistensi komunitas Bringin Muda Bersemi (BMB) dalam kegiatan literasi yaitu memberikan fasilitas dengan menyediakan berbagai buku dan tempat yang nyaman untuk kegiatan literasi bagi anak-anak yang berkunjung ke lapak buku. Upaya yang dilakukan oleh Bringin Muda Bersemi (BMB) dalam meningkatkan literasi dengan berbagai program kegiatan sebagai berikut: mengadakan kegiatan yang tidak berhubungan dengan buku, mengadakan penambahan koleksi buku, melakukan pendampingan bimbingan belajar, mengadakan bimbingan belajar. Faktor pendukung berasal dari lingkungan keluarga dan lingkungan luar. Implikasi program ahad literasi bagi anak-anak di desa bringin memberikan dampak positif. Dibuktikan antusias anak mengikuti kegiatan literasi sebelum kegiatan dimulai, mendapatkan pengalaman baru yang sebelumnya belum didapatkan di luar lingkungan sekolah, kebiasaan anak yang awalnya datang untuk bermain tetapi sekarang digunakan untuk membaca walaupun tidak semua anak.

 

Kata Kunci: Komunitas Literasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Charirunnisa. “Pengaruh Literasi Membaca Dengan pemahaman Bacaan (Penelitian Survei pada Mahasiswa STKIP Kusumanegara Jakarta)”. Jurnal Tuturan, 1 (Januari 2017).

Departemen Agama RI. Al Qur’an Tajwid & Terjemah. Bandung: CV Penerbit Diponegoro, 2014.

Endah Maulidia Wahyuni. Skripsi: “Studi Kasus Minat Baca Anak di Taman Baca Kampung Pemulung Kalisari Damen Surabaya”. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, 2018.

Ibadullah, Dewi Tryanasari, Apri Kartikasari. Pembelajaran Literasi Berbasis Sastra Lokal. Magetan: CV AE Media Grafika, 2017.

Jatnika Shiva Ardenia. “Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis”. Jurnal Of Primary Education, 2 (2019).

Muslimin. “Penumbuhan Budaya Literasi Melalui Peningkatan Minat Baca Masyarakat Desa”. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1 (Februari 2018).

Rahim Farida. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Suardi. Sosiologi Komunitas Menyimpang. Yogyakarta: Writing Revolution, 2018.

Wahyu Adhimi Alia, Yanuar Yoga Prasetyawan. “Peran Komunitas Ruang Literasi Juwana Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Langgen Kecamatan Juwana.” Jurnal Ilmu Perpustakaan, 3 (Agustus 2019).

Wiedarti Pangesti. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.

Yayasan Penyelenggara Penerjemah Al-Qur’an, Mushaf Al-Qur’an Terjemah (Jakarta: Al-Huda Kelompok Gema Insani), Juz: 30, Surat: Al-Alaq, Ayat: 1.

Published

2021-11-11

How to Cite

Anggraini Nurpitasari, Muhammad Heriyudanta, Marjanji, & Galuh Sitaresmi. (2021). Upaya Komunitas Bringin Muda Bersemi (BMB) Dalam Meningkatkan Literasi Melalui Ahad Literasi Di Desa Bringin Kauman Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(2), 301-314. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i2.76

STATS

Abstract viewed = 43 times

Copyright

Copyright (c) 2021 Southeast Asian Journal of Islamic Education Management

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.