Motivasi Keaktifan Mahasiswa dalam Perkuliahan Secara Daring pada Masa Pandemi COVID-19 dalam Perspektif Teori Pengharapan Victor Harold Vroom

Authors

  • Aris Nurbawani IAIN Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i2.99

Keywords:

motivasi mahasiswa, ghosting dalam pembelajaran, teori pengharapan, teori motivasi, pembelajaran daring

Abstract

Banyak permasalahan pembelajaran secara daring pada masa pandemi COVID-19, salah satunya adalah fenomena ghosting dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi keaktifan mahasiswa pada pembelajaran secara daring pada masa pandemi COVID-19. Jika motivasi keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran secara daring ini diketahui, maka diharapkan dapat menjadi petunjuk bagi para pendidik untuk memotivasi peserta didiknya, sehingga dapat diterapkan untuk mencegah peserta didiknya melakukan ghosting dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi keaktifan mahasiswa IAIN Ponorogo pada perkuliahan daring selama masa pandemi COVID-19 dipengaruhi oleh: (1) Seberapa besar tingkat keyakinan mahasiswa atas usaha (keaktifan dalam perkuliahan) terhadap hasilnya (performance - outcome expectancy), di antaranya adanya keyakinan mahasiswa bahwa keaktifan dalam perkuliahan akan menyebabkan mahasiswa mendapatkan: nilai tambah atau nilai A+, tambahan pengetahuan atau wawasan, penghargaan (reward) secara verbal dan koreksi (feedback) dari dosen, prestasi lulus tepat waktu dan bisa segera pulang ke tanah kelahiran, serta mendapatkan bekal hidup yang kelak dapat digunakan setelah lulus kuliah. (2) Seberapa besar tingkat keyakinan mahasiswa mampu untuk berusaha atau aktif dalam perkuliahan (effort-performance expectancy), di antaranya seberapa yakin mereka mampu untuk menanyakan materi yang belum dipahami (merasa mampu aktif bertanya) dan membantu menjawab pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa lainnya (merasa mampu aktif menanggapi). (3) valensi yaitu seberapa penting (menarik) hasil usaha atau kadar pengharapan terhadap hasil usaha (outcome expectancy) bagi mahasiswa. Selain tiga hal tersebut, juga ada variabel lainnya yang tidak dapat dimasukkan pada model teori pengharapan, namun variabel tersebut dapat memengaruhi motivasi keaktifan mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirullah. Pengantar Manajemen Fungsi - Proses - Pengendalian. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2015.

Dewi, Ike Janita, ed. Maximum Motivation: Konsep dan Implikasi Manajerial dalam Memotivasi Karyawan. Diterjemahkan oleh Y. Maryono dan Kristina Wasiyati. Yogyakarta: Penerbit Santusta, 2006.

Enshanty, Yulia, dan Umrotun. “Fenomena Ghosting dalam Pembelajaran Daring dan Mengatasinya,” 22 Maret 2021. https://pasundan.jabarekspres.com/2021/03/22/fenomena-ghosting-dalam-pembelajaran-daring-dan-mengatasinya/.

Gitosudarmo, Indriyo, dan I Nyoman Sudita. Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta: BPFE, 1997.

Kismiati, Dyah Aniza, Ucu Rahayu, Mery Novianti, Zakirman, dan Yos Sudarso. “Ghosting Dalam Pembelajaran Online: Sebuah Perspektif Dari Sisi Tutor.” EduMatSains Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains 6, no. 2 (Januari 2022): 333–42. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i2.3592.

Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mix Methods). Bandung: CV. Alfabeta, 2018.

Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2016.

Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Mukhtar, dan Ervin A. Priambodo. Mengukir Prestasi: Panduan Menjadi Guru Profesional. Jakarta: CV. Misaka Galiza, 2003.

Robbins, Stephen P., dan Mary Coulter. Manajemen Jilid 2. Jakarta Timur: Penerbit Erlangga, 2010.

Ruliana, Poppy. Komunikasi Organisasi: Teori dan Studi Kasus. Depok: PT. Rajagrafindo Persada, 2018.

Sule, Ernie Tisnawati, dan Kurniawan Saefullah. Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Uno, Hamzah B. Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Wardhana, Yana. Teori Belajar dan Mengajar. Bandung: PT. Pribumi Mekar, 2010.

Published

2022-07-31

How to Cite

Nurbawani, A. (2022). Motivasi Keaktifan Mahasiswa dalam Perkuliahan Secara Daring pada Masa Pandemi COVID-19 dalam Perspektif Teori Pengharapan Victor Harold Vroom. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(2), 1-12. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i2.99

STATS

Abstract viewed = 62 times

Copyright

Copyright (c) 2022 Southeast Asian Journal of Islamic Education Management

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.