BUS (Bussines Unit Strategies) di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung untuk Meningkatkan Daya Saing Lembaga

Authors

  • Hawwin Muzakki UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i2.110

Keywords:

Bussines Unit Strategies, Manajemen Strategik, Daya Saing

Abstract

Perkembangan manajemen yang begitu dahsyat era modern ini, berawal dari perubahan paradigma manajemen tradisional menuju manajemen modern yang berbasis pengetahuan. Paradigma baru itu kemudian dibawa pada ranah manajemen lembaga pendidikan Islam. Ada tiga tingkatan dalam perencanaan strategik. Pertama ialah menetapkan strategi tingkat korporat, kedua bagaimana unit bisnis mengembangkan strategi dan ketiga strategi operasional. Objek dalam penelitian ini yaitu UIN SATU Tulungagung karena mempunyai keunikan mengembangkan unit bisnis. Penelitian ini ingin menggali sisi kosong mengenai strategi unit bisnis yang dikembangkan oleh UIN Sayyid Ali Rahmatullah (SATU) Tulungagung di level fakultas dan Badan Layanan Umum. Menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi lapangan (field research) dengan meminjam teori strategi generic dari Porter. Penelitian ini menyimpulkan: 1) Strategi unit bisnis untuk meningkatkan daya saing lembaga yaitu dengan mengembangkan BLU dan empat Fakultas yang ada di UIN SATU Tulungagung 2). Dalam perguruan tinggi Islam istilah hierarki strategi bertransformasi menjadi strategi institusional, strategi fakultas, dan strategi jurusan. 3). Strategi Unit Bisnis di UIN SATU Tulungagung menggunakan empat strategi generik, yakni: Strategi Kepemimpinan Biaya, Strategi Fokus–Biaya Rendah, Strategi diferensiasi dan Strategi Fokus, yang diterapkan oleh masing-masing Fakultas dan Badan Layanan Umum. Penelitian ini menegaskan pentingnya mengembangkan strategi unit bisnis pada lembaga pendidikan yang menggunakan BLU.

Kata Kunci: Bussines Unit Strategies, Manajemen Strategik, Daya Saing

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Halim Usman. Manajemen Strategis Syariah Teori, Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Zikrul Hakim, 2015.

Campbell-Hunt, Colin. “What Have We Learned about Generic Competitive Strategy? A Meta-Analysis.” Strategic Management Journal 21, no. 2 (2000): 127–54.

Cockburn, Iain M., Rebecca M. Henderson, dan Scott Stern. “Untangling the Origins of Competitive Advantage.” Strategic Management Journal 21, no. 10/11 (2000): 1123–45.

Djoko Muljono. Buku Pintar Koperasi Simpan Pinjam. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2012.

Fatkhurrahman, A, dan MF Wahyudi. “Perumusan Strategi: Strategi Unit Bisnis (BUS) Strategi Perusahaan, Strategi Fungsional dan Pilihan Strategi.” Al-Ittihad Jurnal Manajemen …, no. Query date: 2022-10-20 07:56:13 (2022). http://jurnalmpi.com/index.php/Al-Ittihad/article/view/3.

Ferguson, Tamela D., David L. Deephouse, dan William L. Ferguson. “Do Strategic Groups Differ in Reputation?” Strategic Management Journal 21, no. 12 (2000): 1195–1214. https://doi.org/10.1002/1097-0266(200012)21:12<1195::AID-SMJ138>3.0.CO;2-R.

Fitri, Agus Zaenul, Binti Nasukah, dan Azmil Tayeb. “Strategic Planning Model of Islamic Religious Higher Education (PTKI) in Indonesia.” Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2019): 287–308. https://doi.org/10.14421/jpi.2019.82.287-308.

Ghafar, Muhammad, Pryla Rochmawati, Ahmadi, Kharisul Wathoni, dan Aris Nurbawani. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Pelayanan Khusus Madrasah (Studi Kasus Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Lengkong Sukorejo Ponorogo).” Southeast Asian Journal of Islamic Education Management 1, no. 1 (6 Januari 2020): 1–8. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.4.

He, Zi-Lin, dan Poh-Kam Wong. “Exploration vs. Exploitation: An Empirical Test of the Ambidexterity Hypothesis.” Organization Science 15, no. 4 (Agustus 2004): 481–94. https://doi.org/10.1287/orsc.1040.0078.

Kickul, Jill, dan Lisa Gundry. “Prospecting for Strategic Advantage: The Proactive Entrepreneurial Personality and Small Firm Innovation.” Journal of Small Business Management 40, no. 2 (2002): 85–97. https://doi.org/10.1111/1540-627X.00042.

Listriana, Rurin Wahyu, Meika Syahbana Rusli, dan Wati Hermawati. “Pengembangan Strategic Business Unit Perhutani Unit III Jawa Barat Dan Banten.” Jurnal Manajemen & Agribisnis 10, no. 3 (2013): 146–55. https://doi.org/10.17358/jma.10.3.146-155.

M. E. Porter. Competitive Strategy. New York: Free Press, 1980.

M. Kuncoro. Ekonomika Industri Indonesia?: Menuju Negara Industri Baru 2030. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.

Muchamad Fauzi. Manajemen Strategik. Semarang: CV. Karya Abadi Jaya, 2015.

Muzakki, Hawwin. “Managing Learning for Quality Improvement (Mengelola Pembelajaran untuk Peningkatan Mutu).” Jurnal An-Nuha 2 (2015): 247–48.

Muzakki, Hawwin, dan M. PdI. “Global Quality and International Quality Standards (IWA-2, MBNQA, EQA, and Deming Prize),” 2016.

Parnell, John A. “Business Unit strategies.” Dalam Strategic Management: Theory and Practice, Fourth Edition., 182–217. 55 City Road: SAGE Publications, Ltd, 2014. https://doi.org/10.4135/9781506374598.

———. “New Evidence in the Generic Strategy and Business Performance Debate: A Research Note.” British Journal of Management 8, no. 2 (1997): 175–81. https://doi.org/10.1111/1467-8551.0049.

———. Strategic Management: Theory and Practice. Fourth Edition. 55 City Road, London, 2014. https://doi.org/10.4135/9781506374598.

Rachmat. Manajemen Strategik. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2014.

Sonia, Nur Rahmi. “Total Quality Management Dalam Lembaga Perguruan Tinggi.” Southeast Asian Journal of Islamic Education Management 2, no. 1 (16 Juni 2021): 125–39. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i1.47.

Published

2022-12-26

How to Cite

Hawwin Muzakki. (2022). BUS (Bussines Unit Strategies) di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung untuk Meningkatkan Daya Saing Lembaga. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(2), 293-312. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i2.110

STATS

Abstract viewed = 372 times

Copyright and License

Copyright (c) 2022 Hawwin Muzakki

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.